Kemajuan teknologi memungkinkan sesama pengguna komputer yang saling terhubung melalui jaringan komputer
dapat berkomunikasi secara langsung melalui teks, teknologi ini dikenal dengan E-mail
(Elekctronick Mail) atau surat elektronik yang telah digunakan sejak
pertengahan tahun 60-an.
Dengan e-mail komunikasi menjadi lebih aman, lebih cepat (tidak
membedakan jarak dan waktu) sehingga saat e-mail
dikirim si penerima dapat menerima e-mail pada saat itu juga.
Macam-macam sistem layanan email
1. POP3 Mail
POP singkatan Post Office Protocol,
sedangkan POP3 adalah POP jenis terakhir, yakni suatu sistem yang mirip dengan yang dialami oleh sebuah mail (surat) biasa, dengan mengendalikan sistem ISP sebagai kantor pos yang menampung semua
surat-surat yang datang pada email server yang ada
pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
Untuk mengecek e-mail jenis ini, kita terlebih dahulu harus connect ke
server POP mail, kemudian mendownload seluruh e-mail yang ada, setelah itu baru
kita bisa memutuskan hubungan internet dan membaca e-mail tersebut. Untuk
menjalankan POP mail digunakan program client mail seperti Outlook express.
2. Web Based E-mail
Layanan e-mail ini
pengaksesannya melalui Web site, dimana mengutamakan kemudahan akses ke dalam
MailBox (kotak surat) secara gratis dengan menggunakan World Wide Web sebagai
media untuk masuk ke dalam mailbox tanpa memperdulikan pelanggannya berasal
dari ISP mana, dengan kata lain Email
Berbasis Web, adalah sebuah server e-mail berbasis Websites
(seperti Web site-Web site lainnya), dimana pengoperasiannya selalu menuntut
dalam kondisi Online (dalam keadaan terkoneksi kejaringan Internet). Biasanya
e-mail jenis ini banyak disediakansecara gratis oleh Web site-Web site tertentu
di Internet, seperti :Hotmail.com, Yahoo.com, Apasich.com, SkyBiz.com dan lain
sebagainya, selain itu tidak membutuhkan program e-mail khusus
seperti Microsoft outlook, Eudora, dan lainnya.
Perbedaan antara
email berbasis pop3 dengan email berbasis web :
Email berbasis
POP3
|
Email berbasis
Web
|
1.
memerlukan aplikasi mail client.
2.
Akses internet pada saat mengirim dan
menerima dapat dikurangi.
3.
Hanya dapat dibuka oleh komputer pengguna
4.
kapasitas media penyimpanan lebih besar karena ukuran penyimpanannya
tidak terbatas (ditentukan sendiri)
5.
proses relatif lambat
6.
email dapat diambil dari server dan
disimpan di email client
|
1.
Tidak memerlukan aplikasi mail client.
2.
Selalu dalam keadaan on line
3.
dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki
akses internet.
4.
Karena menggunakan komputer orang lain
yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya
5.
Cepat dan handal
6.
pemakai hanya dapat membaca email yang
diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user
friendly.
|
Kelebihan dan kekurangan
Email berbasis POP3
|
Email berbasis Web
|
Kelebihan
1.
Lebih mudah dalam
pengarsipan, karena email disimpan dikomputer pengguna
2.
Dapat dibaca secara offline
(tidak connect ke internet), setelah
mendownload seluruh email yang ada di server
POP kemudian bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca
email.
|
Kelebihan
1.
dapat membuka email miliknya
dari sembarang tempat yang memiliki akses internet.
2.
Tidak memerlukan mail client karena dapat
berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
3.
Lebih cepat dan handal
|
Kekurangan
1.
tidak bisa mengecek email
Anda dari sembarang tempat.
2.
Hanya dapat dibuka dari
komputer pemakai saja
|
Kekurangan
1.
untuk mengecek email Anda
harus selalu terhubung ke internet .
2.
Sulit diarsipkan, karena
email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu server mengalami
masalah, ada kemungkinan email dapat hilang begitu saja.
|
MailBox di Kantor
Pos dan MailBox E-Mail
a. Mailbox di kantor Pos
Mailbox di kantor pos adalah penyimpanan surat secara
fisik seperti :
- Kotak surat, yang terpasang didepan rumah
- Bis surat, kotak yang dipasang dijalan-jalan tetentu
- Kotak surat, yang dipasang di depan kantor pos
Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas (User ID) dan password yang
berupa kunci kotak secara fisik.
b. Mailbox e-mail
Mailbox e-mail (logik) adalah penyimpan surat dengan cara mengakses melalui jaringan
internet. Untuk mendapatkan User ID dan Password harus registrasi atau membuat
e-mail lewat ISP atau e-mail gratis yang disediakan oleh website-website
penyedia layanan e-mail.
Membuat E-mail
Dengan Website Yahoo
Yahoo!
Mail merupakan website penyedia layanan email yang paling populer di
masyarakat, Yahoo! Mail menyediakan layanan e-mail gratis dengan kapasitas
mailbox hingga lebih 100 Mega Byte (100 MB).
1. Mendaftar E-mail
Untuk
memperoleh sebuah account e-mail di Yahoo! Mail langkah-langkahnya :
1. Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada
address bar kemudian tekan enter.
2. Setelah terbuka halaman web seperti gambar di bawah,
klik tombol hyperlink Sign Up Now atau klik
tombol Daftar
3.
Setelah
muncul form registrasi, isilah semua yang diminta. Untuk pengisian pada bagian Yahoo! ID pilihlah kata-kata mudah dan kemungkinan belum dipakai
oleh orang lain. Yahoo! ID ini nantinya akan menjadi nama alamat email anda.
Misalkan pada yahoo! ID diisi sman 1warkir maka alamat e-mail
lengkapnya menjadi sman1warkir@yahoo.com . Kemudian isilah Password yang
nantinya akan berfungsi sebagai kata kunci jika akan membuka Mailbox anda.
4. Setelah semua data diisi benar, klik tombol I agree
yang terletak dibagian paling bawah form pengisian.
Setelah proses pendaftaran berhasil, maka akan muncul
halaman konfirmasi, Anda dapat mengklik tombol Continue to Yahoo untuk
membuka halaman web Yahoo!
2. Membuka/ Membaca Surat Lewat E-mail
Untuk
membaca pesan atau surat
elektronik menggunakan account Yahoo! Mail, Langkah-langkahnya :
1. Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada
address bar, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
2. Kemudian ketikkan Yahoo!
ID anda pada kotak isian Yahoo!ID, dan ketikkan password, lalu kliklah sombol Sign
In.
3. Setelah proses sign in berhasil, akan tampil halaman
yang memuat inbox.
4. Klik pada Inbox (kotak masuk) yang ada di bagian
halaman web, Klik salah satu judul e-mail yang akan dibaca sehingga terbuka
halaman e-mail yang akan dibaca.
3. Menulis Surat dan Mengirim Pesan Lewat
E-mail
Untuk menulis surat
elektronik dan mengirimnya, caranya dapat dikuti langkah-langkah berikut :
1.
Pastikan dalam keadaan sign in (ikuti langkah 1 s.d 3 cara membuka
email)
2.
Klik tulisan
compose (tulis) sehingga dilayar
akan muncul gambar berikut
3.
Pada kotak isian To ketik
alamat email yang di tuju.
4.
Pada kotak isian Cc
5.
Pada kotak isian Subject, ketik
topik yang sesuai isi surat. Contoh :
Tugas ketiga.
6.
Ketik isi surat pada bagian editor teks.
7.
Untuk
meneruskan e-mail tersebut, klik tombol send
(kirim)
4. Membaca dan
Membalas (Reply)
1. Untuk mengetahui ada surat
yang masuk atau tidak cukup dengan mengklik tombol inbox atau mengklik tombol Check
mail hingga tampil daftar surat yang masuk, klik salah satu untuk
membacanya.
2. Untuk membalas atau menjawab e-mail yang kita terima, klik tombol
Reply hingga halaman pengiriman surat terbuka. Jika ingin meneruskan e-mail ke rekan / alamat yang lain
kliklah tombol forward dan halaman
pengiriman surat terbuka, dan kita tinggal mengetikkan alamat e-mail yang ingin
kita teruskan atau kita kirimi.
Attachment
File
Attachment
adalah fitur dalam pengiriman email yang memungkinkan kita untuk melampirkan
suatu file dalam komputer saat mengirim email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin
mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi
lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu
untuk mengirimkan suatu file misalnya
document word, power point, excel, video,gambar,animasi dll., melalui email ke alamat email tujuannya.
Hal ini dilakukan karena format dalam konten
email sangat sederhana sehingga sulit untuk mengirimkan data seperti format
graphic, spreadsheet, word processor, dan file video. Jadi hal ini dapat
dimanfaatkansebagai sarana berbagi file dengan seseorang melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
0 komentar:
Posting Komentar